PENGARUH PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT (PKRS) MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP MOTIVASI PERUBAHAN PERILAKU PELANGGAN di POLIKLINIK GIGI RUMAH SAKIT ADI HUSADA UNDAAN WETAN SURABAYA
By NUR AFNI RAFIDAH RADJAK | NIM: 2021006 |
Skripsi | S-1 Administrasi Rumah Sakit 2024
Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) melalui media sosial, saat ini
dapat memberikan motivasi kepada pelanggan atau pasien untuk mengubah
perilaku kesehatan, karena PKRS memberikan edukasi tentang kesehatan dan
untuk memberdayakan masyarakat melalui kegiatan menginformasikan,
mempengaruhi dan membantu masyarakat agar berperan aktif untuk mendukung
perubahan perilaku dan lingkungan serta meningkatkan kesehatan, menuju derajat
kesehatan yang optimal. Berdasarkan data pada Juli 2024, akun media sosial
Instagram Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan memiliki followers sebanyak
20 ribu dengan unggahan sebanyak 1.253 yang berisikan informasi dan promosi
kesehatan.
Penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Promosi Kesehatan Rumah
Sakit (PKRS) Melalui Media Sosial Instagram Terhadap Motivasi Perubahan
Perilaku Pelanggan di Poliklinik Gigi Rumah Sakit Adi Husada Undaan Wetan
Surabaya.
Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kuantitatif dengan desain
cross-sectional. responden sejumlah 73 dan menggunakan teknik purposive
sampling. Uji yang dilakukan menggunakan regresi linier sederhana.
Kuesioner penelitian ini dinyatakan valid dan reliabel sebagai alat ukur.
Diperoleh data sebanyak 68 (93%) responden menggunakan media sosial Instagram
untuk melihat edukasi kesehatan. Hasil perhitungan menggunakan SPSS
Koefisiensi regresi b1 sebesar 0,532 memiliki nilai positif yang berarti bahwa setiap
penambahan 1 satuan (persepsi) maka mempengaruhi nilai (motivasi) akan
bertambah sebesar 0,532. Nilai t hitung 9,482 > t tabel 1,993 sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara parsial. Pengaruh variabel persepsi
sebesar 55.9% terhadap variabel motivasi dan sisanya 44,1% dipengaruhi oleh
variabel lainnya. Kesimpulan diatas bahwa pemanfaatan media sosial Instagram
sebagai Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) berpengaruh pada motivasi
perubahan perilaku pelanggan di Poliklinik Gigi Rumah Sakit Adi Husada Undaan
Wetan Surabaya.
Hospital Health Promotion (HHP) through social media can currently
motivate customers or patients to change their health behaviors, as HHP provides
education about health and aims to empower the community through activities that
inform, influence, and assist the public society to actively support behavior and
environmental changes, thereby improving health towards an optimal level. As of
July 2024, the Instagram account of Adi Husada Undaan Wetan Hospital has 20,000
followers and 1,253 posts containing health information and promotions.
This study aims to evaluate the impact of Hospital Health Promotion via
Instagram on customers’ behavioral change motivation at the Dental Polyclinic of
Adi Husada Undaan Wetan Hospital in Surabaya.
The research employs a quantitative method with a cross-sectional design.
A total of 73 respondents were selected using purposive sampling techniques. The
analysis was conducted using simple linear regression.
This research questionnaire was declared valid and reliable as a
measurement tool. Data showed that 68 respondents (93%) use Instagram to access
health education. The regression coefficient b1 is 0.532, indicating a positive value,
meaning that for every 1 unit increase (perception), the influence on the value
(motivation) increases by 0.532. The t-value of 9.482 > t-table of 1.993 suggests a
significant partial effect. The perception variable has a 55.9% effect on the
motivation variable, with the remaining 44.1% influenced by other variables. The
conclusion is that the use of Instagram for Hospital Health Promotion (HHP) affects
customer behavior change motivation at the Dental Polyclinic of Adi Husada
Undaan Wetan Hospital in Surabaya.
(Pastikan anda terhubung dengan jaringan lokal kampus untuk menampilkan full text)
VIEW FULL TEXT (pastikan anda terhubung dengan jaringan internet wifi di kampus)