Research


HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI KLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT ADI HUSADA KAPASARI SURABAYA

By PRIZCATAMA VIA RENDRA | NIM: 2021012 | Skripsi | S-1 Administrasi Rumah Sakit 2024

ABSTRAK HUBUNGAN WAKTU TUNGGU PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN DI KLINIK PENYAKIT DALAM RUMAH SAKIT ADI HUSADA KAPASARI SURABAYA Waktu tunggu pasien merupakan salah satu komponen yang potensial yang menyebabkan ketidakpuasan. Waktu tunggu adalah waktu yang dipergunakan oleh pasien untuk mendapatkan pelayanan rawat jalan pada saat pasien diberikan karcis sampai masuk ruang pemeriksaan. Berdasarkan data Rumah Sakit Adi Husada Kapasari, waktu tunggu pelayanan Rawat Jalan tahun 2023 masih dibawah standar yaitu dengan rata-rata 77,4%. Standar waktu tunggu yang telah ditetapkan adalah lebih dari 80% pasien mampu mendapatkan pelayanan dalam waktu yang sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Waktu Tunggu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien di Klinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Adi Husada Kapasari Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif menggunakan desain cross-sectional. Sampel berjumlah 38 responden pasien Rawat Jalan Klinik Penyakit Dalam Rumah Sakit Adi Husada Kapasari. Pengumpulan data primer diperoleh secara langsung dari responden yang menjadi sampel penelitian dan data sekunder diperoleh dari Rumah Sakit Adi Husada Kapasari. Berdasarkan hasil uji Spearman Rank antara variabel waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien didapat sebesar 0,003 < 0,005 maka terdapat hubungan yang bermakna antara variabel waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,471 (berada diantara 0,26 – 0,50) menunjukkan bahwa arah hubungan positif yang yang berarti searah. Pada hal ini tingkat kekuatan hubungan antara waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien termasuk pada kategori cukup. Sehingga pada penelitian ini H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya bahwa terdapat hubungan antara waktu tunggu pelayanan dengan kepuasan pasien rawat jalan di klinik penyakit dalam. Kata Kunci: Kepuasan Pasien, Penyakit Dalam, Waktu Tunggu ABSTRACT THE RELATIONSHIP OF SERVICES WAITING TIME WITH THE PATIENTS SATISFACTION AT THE INTERNAL DISEASE CLINIC OF ADI HUSADA KAPASARI HOSPITAL SURABAYA Patient waiting time is one of the potential components that causes dissatisfaction. Waiting time is the time used by patients to get outpatient services from the time the patient is given a ticket until entering the examination room. Based on data from Adi Husada Kapasari Hospital, the waiting time for Outpatient services in 2023 is still below the standard, with an average of 77.4%. The standard waiting time that has been set is that more than 80% of patients are able to get services within the appropriate time. This study aims to determine the Relationship between Service Waiting Time and Patient Satisfaction at the Internal Disease Clinic of Adi Husada Kapasari Hospital, Surabaya. This type of research is quantitative using a cross-sectional design. The sample consisted of 38 respondents of Outpatient Patients at the Internal Disease Clinic of Adi Husada Kapasari Hospital. Primary data collection was obtained directly from respondents who were the research samples and secondary data was obtained from Adi Husada Kapasari Hospital. Based on the results of the Spearman Rank test between the variable of service waiting time and patient satisfaction, it was obtained at 0.003 <0.005, so there is a significant relationship between the variable of service waiting time and patient satisfaction. The correlation coefficient value of 0.471 (between 0.26 - 0.50) indicates that the direction of the relationship is positive, which means it is in the same direction. In this case, the level of strength of the relationship between service waiting time and patient satisfaction is included in the sufficient category. So in this study H0 is rejected and H1 is accepted, which means that there is a relationship between service waiting time and outpatient satisfaction in internal disease clinics. Keywords: Patient Satisfaction, Internal Disease, Waiting Time
(Pastikan anda terhubung dengan jaringan lokal kampus untuk menampilkan full text)


VIEW FULL TEXT (pastikan anda terhubung dengan jaringan internet wifi di kampus)

© 2019 All rights reserved ICT Department STIKes Adi Husada | Template by Colorlib