ANALISIS KINERJA KARYAWAN DI INSTALASI FARMASI TERHADAP WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP OBAT RUMAH SAKIT ADI HUSADA KAPASARI SURABAYA
By GLADYSIA KIRANA PARAMITHA | NIM: 2021003 |
Skripsi | S-1 Administrasi Rumah Sakit 2024 ANALISIS KINERJA KARYAWAN DI INSTALASI FARMASI TERHADAP
WAKTU TUNGGU PELAYANAN RESEP OBAT RUMAH SAKIT
ADI HUSADA KAPASARI SURABAYA
Waktu tunggu pelayanan obat adalah tenggang waktu yang mulai pada saat
pasien menyerahkan resep sampai dengan menerima obat. Berdasarkan data yang
didapat pada tahun 2023 terkait waktu tunggu capaian farmasi RSAHK yaitu 60 %.
Dengan standar pelayanan yang belum tercapai maka, pelayanan resep obat belum
optimal sehingga berdampak pada lamanya waktu tunggu resep obat pasien rawat
jalan. Penelitian ini bertujuan untuk Menganalisisis Kinerja Karyawan Terhadap
Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Farmasi Rawat Jalan Di Rumah Sakit Adi
Husada Kapasari Surabaya.
Jenis penelitian ini merupakan penelitian non eksperimental kuantitatif dengan
pendekatan metode peneitian deskriptif analitik untuk menggambarkan kenyataan
yang terjadi dengan variabel-variabel yang diteliti dan dianalisis secara statistik.
Berdasarkan hasil analisis indikator kinerja karyawan yang paling berpengaruh
dan sinkron serta termasuk dalam kategori kinerja yang kurang baik menurut
presepsi karyawan maupun prespektif atasan terhadap waktu tunggu pelayanan resep
obat di instalasi farmasi Rumah Sakit Adi Husada Kapasari adalah indikator
kuantitas kerja karyawan. Hal tersebut dikarenakan belum ada pengukuran khusus
mengenai kecepatan dan jumlah target resep untuk mengetahui kecepatan setiap
karyawan dalam pelayanan resep obat. Kendala yang terjadi mengenai sistem
komputer farmasi rumah sakit adalah sistem komputer yang eror terutama sistem
BPJS eror nasional. Karena 70% pasien Rumah Sakit Adi Husada Kapasari
Surabaya hampir sebagiannya pasien BPJS.
Kata Kunci: Farmasi, Kinerja, Waktu TungguEMPLOYEE PERFORMANCE ANALYSIS IN THE PHARMACY INSTALLATION
ON PRESCRIPTION WAITING TIME AT
ADI HUSADA KAPASARI HOSPITAL SURABAYA
The waiting time for drug service is the time period that starts from the moment
the patient submits the prescription until they receive the medication. Based on data
obtained in 2023 regarding the pharmacy service time achievement at RSAHK, it was
60%. With the service standards not yet achieved, the prescription drug service is not
optimal, which impacts the long waiting time for outpatient prescription drugs. This
study aims to analyze the Employee Performance on Waiting Time for Outpatient
Pharmacy Prescription Services at Adi Husada Kapasari Hospital in Surabaya.
This type of research is a non-experimental quantitative research with a
descriptive research method approach to describe the actual situation that occurs with the
variables studied and analyzed statistically.
Based on the analysis of employee performance indicators, the most influential
and synchronized indicator that is also categorized as poor performance according to the
employees' perception and the management's perspective on the waiting time for
prescription drug services in the pharmacy installation of Adi Husada Kapasari Hospital
is the indicator of employee work quantity. This is because there is no specific
measurement regarding the speed and number of prescription targets to determine the
speed of each employee in providing prescription drug services. The obstacle that occurs
regarding the hospital pharmacy computer system is the error in the computer system,
especially the national BPJS error system. This is because 70% of Adi Husada Kapasari
Hospital patients are BPJS patients.
Keywords : Performance, Pharmacy, Respon time/ Waiting time (Pastikan anda terhubung dengan jaringan lokal kampus untuk menampilkan full text)
VIEW FULL TEXT (pastikan anda terhubung dengan jaringan internet wifi di kampus)